Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

TipsKeren.com. Penyakit banyak sekali jenisnya, ada penyakit bawaan, ada karena virus / bakteri, dan berbagai sebab, penyakit atau syndrome yang kita liat sehari hari adalah hal yang lumrah, namun ada beberapa kasus penyakit atau sydrome yang sangat langka di dunia medis. apa saja daftarnya : 
Aquagenic Urticaria

Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Jika diartikan, aquagenic urticaria adalah alergi terhadap air. Ini adalah sebuah kondisi di mana jika kamu mengalaminya, maka kamu tidak akan pernah bisa bersentuhan dengan air. Ini disebabkan karena jika kulitmu sampai berkontak dengan air maka kamu akan merasa gatal dan sakit yang amat sangat.

Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Karena itu, mereka yang mengidap kondisi medis ini tidak akan bisa melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan air seperti misalnya berenang atau bahkan mandi. Menurut sebuah studi yang tercatat di sebuah jurnal berjudul Annals of Dermatology, kasus alergi ekstrim ini sedikitnya terjadi pada 100 orang.

Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Sindrom Manusia Serigala

Sindrom Manusia Serigala - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Manusia serigala yang kami maksud adalah manusia dengan perawakan dan penampilan serigala, bukan manusia serigala seperti tokoh Jacob yang berubah menjadi serigala dalam film Twilight.

Kasus sindrom manusia serigala ini sudah tercatat sekitar 50 kasus di dunia. Mereka yang terkena sindrom ini akan memiliki rambut atau bulu di seluruh tubuhnya. Karenanya mereka juga terlihat seperti serigala.

Sindrom Cotard

Sindrom Cotard - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Sindrom ini juga sering disebut sebagai delusi Cotard karena ditemukan oleh seorang ahli saraf bernama Jules Cotard. Ini adalah sebuah kondisi yang sangat langka di mana mereka yang mengalami sindrom ini akan mengira bahwa mereka sudah mati atau tidak mengakui raganya. Biasanya, sindrom ini dihubungkan dengan mereka yang menderita depresi atau mereka yang menderita schizophrenia hingga bipolar disorder.

Sebuah kasus terkenal pernah dialami oleh Mademoiselle X dimana ia meyakini bahwa dirinya adalah makhluk yang kekal dan tidak bisa mati secara alami sehingga dia menyangkal bahwa dirinya memiliki kebutuhan makan. Namun, kemudian dia meninggal karena kelaparan.

Sindrom Manusia Batu

Sindrom Manusia Batu - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Fibrodysplasia ossificans progressiva atau juga disebut dengan Stone Man Syndrome (sindrom manusia batu) adalah sebuah penyakit langka yang menyerang bagian jaringan penghubung. Kondisi ini menyebabkan jaringan fibrosa (otot, tenton dan ligamen) akan mengeras mendadak atau ketika terjadi kerusakan.

Biasanya, mereka yang memiliki sindrom ini akan mengalami pembekuan di area tubuh yang terluka. Dan kalau mereka melakukan operasi pengangkatan malah akan berefek pada tulang yang lain. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa kasus ini terjadi pada satu banding 2 juta orang.

Foreign Accent Syndrome

Foreign Accent Syndrome - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Kamu pasti pernah mendengar cerita di mana seseorang yang baru bangun dari koma tiba-tiba bisa berbahasa asing. Inilah kondisi yang disebut dengan Foreign Accent Syndrome dimana biasanya dikaitkan dengan stoke atau trauma kepala.

Kasus ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1907 dan pada tahun 1940 hingga 2009 sudah tercatat sekitar 62 kasus serupa. Pada tahun 2010, seorang berbahasa Kroasia tiba-tiba lancar berbahasa Jerman sesaat setelah kesadarannya pulih. Walau belum ada penjelasan lebih lanjut tentang apakah kemudian kemampuan bahasa baru tersebut berkembang atau tidak, kasus medis ini termasuk salah satu yang menarik.

Kelainan Kulit Biru

Kelainan Kulit Biru - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Ini adalah sebuah kelainan di mana mereka yang mengidapnya akan memiliki kulit yang kebiruan. Argyria atau argyrosis ini diidap oleh seorang politisi Amerika Serikat bernama Stan Jones. Ternyata, dia mengalami ini karena menggunakan collodial silver.

Walau begitu, dia menolak bahwa perubahan kulitnya menjadi kebiruan atau keabu-abuan ini sebagai gimmick dalam kampanye politiknya. Di tahun 2007 sebuah kasus Blue Skin Disorder serupa juga pernah terekspos kembali karena kemunculan Paul Karason, seorang berkebangsaan Amerika yang seluruh kulitnya tiba-tiba membiru karena mengonsumsi collodial silver yang dia buat sendiri.

Alien Hand Syndrome

Alien Hand Syndrome - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Tenang, yang dimaksud dengan Alien Hand Syndrome ini bukan mereka yang memilik tangan seperti alien. Ini adalah sebuah kondisi di mana mereka yang terkena sindrom ini tidak bisa mengendalikan gerak tangannya atau tangan mereka bergerak tanpa diperintah dan disadari. Seakan-akan, tangan mereka mempunyai kehendak untuk bergerak sendiri.

Dalam sebuah penjelasan disebutkan bahwa kasus HS ini terjadi ketika otak bawah sadar menggerakkan tangan ketika otak sadar tidak bisa. Sebuah kasus ekstrim pernah melaporkan bahwa seorang penderita pernah bergulat dengan tangannya sendiri bahkan saat tidur.

Namun tahun 2013, Paul meninggal karena serangan jantung dan stroke. FYI, Collodial Silver pernah disebut sebagai cairan penyembuh segala penyakit pada tahun 1938 dan bisa dibuat sendiri.

Tree Bark Skin Disorder

Tree Bark Skin Disorder - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Atau juga dsebut sebagai Verruciformis Epidermodysplasia, atau kamu pasti mengenalnya sebagai penyakit manusia pohon. Ini adalah sebuah kondisi kelainan genetik kulit yang berhubungan dengan kanker kulit. Dilansir dari Wikipedia, kondisi ini ditandai dengan ketahanan abnormal HPV pada kulit di mana jika terjadi infeksi HPV maka bagian tangan dan kaki bisa tumbuh ‘sesuatu’ yang terlihat seperti pohon.

Di Indonesia sendiri, kasus ini sempat ramai dibicarakan. Adalah Dede Kosawa atau manusia pohon, begitu julukan yang sering dia terima. Tidak hanya pada kaki dan tangan, kondisi ini ternyata juga menimpa hingga wajahnya.

Congenital Insensitivity to Pain

Congenital Insensitivity to Pain - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Atau juga dikenal sebagai congenital analgesia di mana seseorang tidak akan bisa merasakan atau tidak pernah merasakan sakit secara fisik. Bayangkan seseorang bahkan tidak peka ketika tertusuk sesuatu, maka bisa jadi itu adalah CIP atau ketidakpekaan bawaan atas sakit fisik.

Kondisi ini berbahaya mengingat rasa sakit juga sebuah pertanda penting, misalnya seorang anak yang mengidap CIP ini mengalami patah tulang tapi tidak dapat ditangani karena tidak merasakan sakit. Beberapa kasus yang pernah terjadi menyebutkan bahwa kondisi ini terjadi karena meningkatnya produksi endorfin di otak.

Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom Alice in Wonderland - Syndrom Paling Aneh Di Dunia Medis

Pernah melihat film terkenal yang ditulis dari novel karya Lewis Carrol? Di dalam novelnya, diceritakan bahwa Alice mengalami sebuah petualangan di dunia yang halusinatif. Mereka yang terkena sindrom ini biasanya akan melihat benda kecil menjadi besar dan juga sebaliknya. Kondisi ini sering dikaitkan dengan migrain, kanker otak bahkan penggunaan obat-obatan psikoaktif.

author