Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

TipsKeren.com. Jika kamu percaya dengan makhluk tak kasat mata yang ada disekitarmu, kali ini kita mengajakmu menelusuri wisata horor di wilayah Yogyakarta. Yap, Yogyakarta yang terkenal dengan budayanya yang kental ternyata banyak memiliki segudang cerita mistis yang bisa membuat bulu kuduk anda merinding.

Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Wisata di Yogyakarta Ini Menyimpan Kisah Mistis yang Bikin anda Merinding bukan hanya kebudayaannya yang menawan namun juga wisata yang sangat terkenal keindahannya. Jika kamu mencari pantai indah berpasir yang putih, candi yang menyimpan sejarah, museum dengan banyak kenangan atau wisata belanja yang cukup murah datang saja ke Yogyakarta. Semua ada di Yogyakarta, termasuk juga wisata yang sangat tak biasa. berikut daftarnya

Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Konon di sini ada terowongan yang bisa membawamu ke laut selatan

Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Tak jauh dari keraton dan juga alun-alun selatan, kamu akan menemukan sebuah tempat bersejarah bekas pemandian raja dan keluarganya. Bangunan yang pernah di guncang gempa dahsyat pada tahun 1867 ini kini hanya tinggal sisa reruntuhan yang masih terlihat gagah walaupun dimakan usia. Bicara tentang mistis, Tamansari tak boleh dilewatkan.

Kerajaan Yogyakarta yang erat kaitannya dengan ratu pantai selatan konon membangun Tamansari atas permintaan Nyi Roro Kidul. Oleh karena itulah ada desas-desus adanya terowongan legenda yang menghubungkan antara Tamansari dan pantai selatan. Tak hanya itu, banyak yang mengatakan Tamansari dihuni oleh makhluk gaib sehingga pengunjung harus menjaga sikap.

Katanya sih bisa mengabulkan keinginan, jika..

alun-alun kidu - Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Di sebelah selatan keraton kamu bisa menjumpai alun-alun kidul yang tak begitu luas. Di siang hari alun-alun ini memang sepi, berbeda saat malam hari yang ramai pengunjung. Saat sore hingga malam, banyak pedagang makanan, becak kayuh dengan lampu warna-warni yang ada di sekitar alun-alun. Di tengah alun-alun kamu bisa menjumpai 2 pohon beringin besar yang berjajar. Banyak mitos yang menyelimuti 2 pohon ini. Ada yang bilang jika kamu bisa berjalan melewati kedua beringin ini dengan mata tertutup maka keinginanmu akan terkabul. Banyak juga yang bilang 2 pohon tersebut merupakan ‘rumah’ bagi makhluk gaib dan juga pintu gerbang menuju laut selatan.

Pintu gerbang kerajaan pantai selatan ternyata ada di Parangkusumo

parangtristis - Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Yogyakarta memang terkenal dengan pantainya yang indah. Sederet pantai berpasir putih bisa kamu jumpai di Daerah Istimewa ini. Yang paling terkenal dari sederet pantai di Yogyakarta adalah tentang adanya tokoh mitologi Jawa penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Cerita ini sangat populer jika kamu berkunjung ke pantai Parangkusumo dan juga Parangtritis. Konon katanya, pintu gerbang untuk masuk ke istana kerajaan pantai selatan berada di dua pantai tersebut. Cerita dari mulut ke mulut setiap beberapa waktu tertentu Nyi Roro Kidul akan meminta tumbal dari pengunjung yang datang kesana. Inilah kenapa setiap ada yang terseret ombak, jenazahnya jarang sekali ditemukan. Selain itu masyarakat percaya, jika ke Parangkusumo dengan memakai baju warna hijau nantinya bisa terseret ombak dan dibawa ke kerajaan pantai selatan.

Tempat tinggal Raja yang juga ‘ramai’ penghuni

keraton Yogyakarta - Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Daerah Istimewa Yogyakarta tak bisa dipisahkan dari Sultan dan Keratonnya yang berada di pusat kota. Hingga saat ini keraton ini difungsikan sebagai tempat tinggal Raja serta keluarga dan sebagai tempat wisata yang menyajikan peninggalan-peninggalan bersejarah. Sebagai bangunan yang telah didirikan ratusan tahun silam, keraton Yogyakarta memiliki sisi mistis yang menyelimuti. Banyak yang mengatakan, keraton Yogyakarta banyak dijaga oleh makhluk gaib tak kasat mata. Oleh karena itu wisatawan atau pengunjung harus selalu menjaga sikap. Barang siapa yang mempunyai niat jahat, maka akan mendapat banyak perlakuan buruk dari ‘penghuni’ keraton.

Mau ketemu noni Belanda berkaki kuda? Kesini aja

Mau ketemu noni Belanda berkaki - Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Walaupun letaknya di tengah-tengah keramaian kota, sisi mistis dari benteng peninggalan Belanda ini sangat kental terasa. Banyak cerita-cerita horor yang berkembang disekitar benteng yang mulai didirikan pada tahun 1767 – 1788 tersebut. Menurut beberapa sumber, di dalam kawasan benteng ini sering terlihat noni Belanda berkaki kuda. Penampakan ini sering mengganggu pengunjung maupun tukang becak yang mangkal di depan benteng. Ada juga sumber yang menyebut ketika pameran lukisan Festival Kesenian Yogya (FKY) pada dini hari, muncul sekompi pasukan Belanda yang berderap masuk. Kejadian tersebut seketika membuat penjaga stand lari ketakutan. Kamu berani uji nyali disini?

 

 

Angkernya goa di kaki Merapi

Angkernya goa di kaki Merapi - Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Terkenal Mistis

Yogyakarta memiliki 2 goa Jepang yang berada di Puncong dan juga di Kaliurang. Goa Jepang yang berada di Kaliurang atau kaki Gunung Merapi ini konon terkenal angkernya. Dahulu goa ini pernah menjadi tempat penyiksaan warga pribumi oleh tentara Jepang. Goa yang berada di komplek wisata alam Nirmolo Kaliurang ini dahulu juga merupakan tempat persembunyian tentara sekutu. Cerita-cerita seram muncul dari goa ini setelah puluhan tahun terbengkalai.

 

 

 

 

author