Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

TipsKeren.com. Untuk mendapatkan ide bisnis yang sesuai dengan passion kita menjadi suatu kesulitan tersendiri. Ada banyak ide bisnis yang dapat Anda jalankan, salah satunya adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner mempunyai segmentasi pasar yang luas membidik hampir semua kalangan dan golongan masyarakat. Untuk itu bisnis ini dapat menjadi salah satu bisnis yang dapat Anda jalankan dan tekuni.

Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Untuk Beberapa tahun ke belakang, bisnis kuliner banyak dilirik oleh sebagian pebisnis, ini karena didasari oleh segmentasi pasar yang luas dan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi. Sehingga bukan tidak mungkin, seorang pemula sekalipun dapat menjalankan bisnis ini hingga menjadi sukses.

Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Usaha Di Bidang Kuliner 3 - Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Berikut Tips Untuk memulai usaha di bidang kuliner :

Menentukan Target Pasar

Setelah Anda memiliki konsep yang menarik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Memang target pasar di dunia kuliner sangat luas, namun jika di tentukan lebih spesifik maka Anda akan dengan mudah menentukan tujuan selanjutnya. Sebagai contoh jika Anda membuka bisnis kuliner di area kampus, maka target pasar Anda adalah mahasiswa. Jadi Anda dapat membuka restoran dengan harga yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang menunjang mahasiswa untuk berlama-lama di tempat Anda.

Penentukan target pasar adalah penting agar Anda dapat menentukan kemana arah bisnis Anda dan inovasi apa yang harus Anda lakukan serta perkembangan apa saja yang saat ini populer di kalangan target pasar Anda.

Memiliki Konsep yang Menarik

Di dalam bisnis apapun, sebuah konsep menarik menajadi nilai tambah tersendiri dalam bisnis tersebut. Tidak terkecuali didalam bisnis kuliner. Justru di dalam bisnis kuliner konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner sebaiknya Anda memikirkan konsep semenarik mungkin dan usahakan konsep tersebut original yang berbeda dari bisnis kebanyakan. Konsep yang membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya produk apa yang dijual, apa keunikan dari produk tersebut dan pelayanan seperti apa yang ditawarkan. Dengan demikian Anda akan mudah menjaring konsumen.

Mungkin sudah tidak asing lagi konsep bisnis kuliner dengan nama yang “nyeleneh” atau konsep dekorasi yang tidak lazim. Tapi hal ini terbukti membuat konsumen penasaran dan memaksa konsumen untuk mencobanya. Masyarakat kita saat ini ingin mencoba sesuatu yang baru, mereka sudah bosan dengan kuliner yang biasa-biasa saja. Karena memiliki rasa masakan yang enak saja tidak cukup untuk membuat konsumen loyal.

Buatlah konsumen berkesan dengan makanan atau pelayanan dan tempat yang menarik sehingga mereka akan menjadikan tempat makan Anda menjadi salah satu daftar lokasi yang harus mereka kunjungi setiap bulannya.

Memulai Bisnis Kuliner di Lokasi yang Strategis

Poin keempat ini sebenarnya tidak perlu kita bahas, karena sudah pasti bisnis yang dapat berkembang dengan cepat adalah karena memilki tempat yang strategis. Poin ini hanya untuk mengingatkan, karena kami masih banyak melihat konsep cafe atau kedai yang berada di gang-gang atau di area yang jauh dari aktifitas. Sebagus apapun konsep Anda, jika tidak ada aktifitas di area tersebut maka akan sia-sia.

Berinovasi dengan Baik

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, fakta masyarakat kita saat ini sedang berada di titik jenuh. Maka hal yang harus Anda lakukan untuk dapat bersaing adalah dengan berinovasi. Jangan melakukan atau membuka bisnis yang sama persis dengan bisnis orang lain, mungkin jika ingin meniru maka lebih baik mengambil konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan kesan yang “wah” maka sebaiknya berinovasi dan menelurkan produk baru yang membuat konsumen penasaran. Jika Anda tidak dapat berinovasi dan hanya mengikuti alur yang ada. Maka akan dipastikan bisnis Anda akan mengalami perlambatan, mungkin akan lumpuh diperiode tertentu. Untuk mencegah hal tersebut maka mulailah membuat ide gila yang membuat konsumen merasakan kesan berbeda setelah mencoba produk dan layanan Anda.

Menjaga Reputasi Bisnis

Bisnis yang bertahan lama adalah bisnis yang mampu menjaga reputasinya. Tidak terkecuali di bisnis kuliner, bisnis kuliner bisa dibilang sensitif terhadap issue. Oleh karena itu sebaik mungkin untuk dapat menjaga reputasi contohnya dengan tetap memberikan pelayanan yang maksimal, tetap menjaga kehigienisan makanan dan kebersihan restoran. Dengan begitu konsumen akan tetap mempercayai restoran dan makanan Anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Harga yang Terjangkau

Sudah tidak asing lagi, perilaku konsumen kita yang selalu ingin mendapatkan harga terjangkau namun dengan layanan yang maksimal. Sebagi pebisnis kita tidak bisa menyalahkan hal tersebut, yang harus kita lakukan adalah beradaptasi dengan perilaku konsumen yang demikian itu.

Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis kuliner maka kami sarankan untuk memberikan harga terbaik pada konsumen kita. Dengan begitu Anda telah memilki alasan pertama yang membuat konsumen membeli produk Anda. Apalagi jika Anda menjual produk kuliner dengan harga terjangkau namun dengan pelayanan yang baik pula. Sudah dipastikan bisnis Anda akan berkembang lebih cepat, karena kedua point ini adalah salah satu alasan konsumen untuk membeli.

Usaha Di Bidang Kuliner - Tips Untuk Memulai Usaha Di Bidang Kuliner

Semoga tips di atas bermanfaat ya

 

 

 

author