Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

TipsKeren.com. Menelusuri jejak sejarah dan budaya indonesia dari masa lalu seperti tidak akan pernah ada habisnya. karena ada banyak sekali suku-suku bangsa dan masing-masing dari mereka memiliki kebiasaannya sendiri. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman, beberapa sbudaya sudah mulai ditinggalkan dan beralih menganut gaya hidup yang modern.

Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Tetapi tidak semua serti itu, masih ada beberapa tempat di negeri ini yang masih tetap mempertahankan tradisi yang diwarisi secara turun temurun. Pada umumnya tempat tersebut berbentuk desa adat yang masyarakatnya begitu teguh mempertahankan warisan nenek moyang kita. seperti kita lihat desa desa di bawah ini :

Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Desa Panglipuran

Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Masih di Bali, selain Desa Trunyan, ada juga desa lain yang juga menyuguhkan tradisi dan adat istiadat. Kamu bisa menyebutnya dengan nama Desa Panglipuran. Memang tidak setenar Desa Trunyan, namun kamu tetap bisa menikmati suguhan Adat Bali yang masih asli di tempat tersebut. Kamu bisa mencapainya dengan melakukan perjalanan selama 1 jam dari Ubud menuju Kabupaten Bangli.

Keunikan yang menjadi daya tarik utama di desa ini adalah sistem tata desa yang diatur dengan sangat rapi. Rumah-rumah adat diatur seragam sehingga nampak cantik dan menawan. Saat kamu melewati jalan utama di Desa Panglipuran, kamu akan menikmati rumah-rumah indah di sisi kanan dan kiri rumah.

Desa Adat Sade Lombok

Desa Adat Sade Lombok - Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Lombok ada;ah salah satu destinasi wisata yang sudah terkenal tak hanya di kalangan wisatawan di Indonesia, tapi juga mancanegara. Kondisi alamnya yang cantik ditambah dengan tradisi yang masih terjaga hingga saat ini, membuat Lombok memang pantas masuk daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Sade, sebuah tempat di mana masyarakatnya masih menjalankan tradisi turun temurun sehingga juga disebut sebagai desa adat.

Rumah adat di sana lantainya terbuat dari lumpur dan cara membersihkannya dengan menggunakan kotoran kerbau. Uniknya meski menggunakan kotoran, tapi tidak menimbulkan bau sama sekali. Selain itu ada juga kerajinan yang bisa kamu bawa pulang, seperti kain tenun dan aneka aksesoris cantik.

 

Desa Trunyan

Desa Trunyan - Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Selain Lombok, Bali juga nggak kalah terkenal. Banyak sekali destinasi wisata di Bali. Mulai dari pantai bahkan hingga puncak gunung semua memiliki daya tarik sendiri yang begitu memukau. Selain wisata bernuansa modern seperti waterboom dan olahraga air, di Bali kamu juga bisa menemukan desa adat yang terlihat anggun dengan segala kebudayaannya. Nama Desa Trunyan di Bali adalah salah satunya, sudah cukup terkenal karena tradisi pemakamannya.

Selain itu untuk menuju desa tersebut, kamu harus menggunakan perahu dan menyeberangi Danau Batur. Jenazah di Desa Trunyan tidak diperlakukan seperti daerah-daerah lain di bali. Tidak dibakar, tidak juga dikubur, melainkan dibiarkan begitu saja di bawah pohon kemenyan. Uniknya, meski ada banyak sekali sisa tulang-tulang manusia, tidak tercium bau busuk dari tempat jenazah.

 

Desa Pampang

Desa Pampang - Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Desa Pampang adalah pesona tersendiri dan menjadi andalan Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kamu akan melihat aktivitas Suku Dayak di Desa Pampang. Begitu juga dengan kesenian dan budaya yang unik.

Tak sedikit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengunjungi desa yang pertama kali diresmikan sebagai desa adat dan budaya pada tahun 1991 tersebut. Selain tradisi, kamu juga bisa mendapatkan cindera mata dan aksesoris khas Suku Dayak. Keren kan?

Desa Kamiren

Desa Kamiren - Wisata Desa Adat Yang Indah Di Indonesia

Desa Kamiren ada di Pulau Jawa, tepatnya berada di Wilayah Banyuwangi. Desa tersebut menjadi tempatnya masyarakat Suku Osing. Tepatnya berada di Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Kamu bisa menikmati kebudayaan setempat berupa seni tari dan ritual sehari-hari.

Di Desa Kamiren terdapat juga sebuah sanggar yang menyuguhkan beberapa benda adat, termasuk juga bentuk rumah adat khas Suku Osing.

 

 

author